Ternyata… Bukan Kuda Laut Betina Yang Bertelur dan Membesarkan Anaknya, Tapi si Jantan !


Kuda-Laut

Kuda laut atau nama lainnya Cavalluccio Marino adalah sejenis ikan salah satu penghuni lautan, hewan yang berukuran sekitar 16 mm sampe dengan 35 cm dapat kita temuin di perairan topis di seluruh dunia. Kuda laut itu merupakan salah satu hewan laut yang unik banget.

Kuda laut berkulit keras banget kayak batu, orang sering sebut kulit kuda laut itu namanya baju Zirah atau “Baju Besi”, saking kerasnya kulit kuda laut susah banget buat di hancurin. Walaupun kuda laut sejenis ikan, tapi dia berenangnya gak kayak ikan, kuda laut berenang dengan  cara mengubah isi udara dalam kantung renangnya, dan posisi badannya itu tegak banget kayak polisi.

Badannya kuda laut itu warna-warni, udah gitu bisa berubah-ubah warnanya, tergantung keadaan tubuhnya. Tapi ada juga sih beberapa jenis kuda laut yang warna kulitnya itu transparan. Kuda laut biasanya tinggal di karang-karang laut dengan cara tancepin ekornya di sela-sela karang trus tidur deh.

Kuda laut nafasnya pake insang, uniknya kuda laut punya mata yang bisa melihat 2 benda yang berbeda pada waktu bersamaan. Mata kuda laut juga bisa berputar 360 derajat, jadi dia bisa memperhatikan keadaan sekitar tanpa perlu nengokin kepalanya. Wuih… keren banget ya kuda laut !!

Dan… yang lebih uniknya lagi dari kuda laut adalah, ternyata yang bertelur dan membesarkan anaknya itu bukan kuda laut betina tapi kuda laut jantan. Hah… kok bisa gitu ya ?

Jadi begini sinyo dan noni, kuda laut jantan emang mengandung telur dan melahirkan bayi-bayi kuda laut, soalnya kuda laut jantan punya kantong perut buat menyimpan telur-telur yang ditaro sama kuda laut betina tapi pada dasarnya telur-telurnya itu tetap dihasilkan sama kuda laut betina.

Nah… pada saat telur-telur sampai di kantong perut kuda laut jantan, lapisan dalam kantung perut akan dipenuhi oleh pembuluh darah, terus kuda laut jantan membuahi telur-telurnya itu menjadi embrio.

Selama 10 sampe 40 hari embrio-embrio kuda laut itu berkembang sampe jadi bayi-bayi kuda laut yang unyu-unyu terus kuda laut jantan ngelahirin deh. Biasanya bayi-bayi kuda laut yang lahir itu jumlahnya ratusan bahkan sampe ribuan.

Sebelum melahirkan bayi-bayinya, kuda laut jantan pasti menyesuaikan kadar garam dalam kantong perutnya dengan kadar garam air laut supaya pada saat telur-telurnya menetas bayi-bayi kuda laut dapat menyesuaikan dengan lingkungan.

Jadi gitu sinyo dan noni, so… jadi tambah wawasan lagi kan kalo nongkrong disini. Makanya nongkrong terus di putih-abu.com. Keep smart !

Incoming search terms:

  • kuda laut bertelur atau beranak
  • kuda laut bertelur
  • kuda laut beranak atau bertelur
  • kuda laut bertelur atau melahirkan
  • dugong bertelur atau beranak

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Mungkin kalian suka ini !close