Kurikulum 2013 Untuk Melatih Daya Nalar Siswa



Pada ajaran sekolah 2013 mendatang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) akan segera berganti dengan kurikulum baru, dengan kurikulum yang baru nanti, guru tak akan lagi dibebani dengan kewajiban untuk membuat silabus untuk pengajaran terhadap siswanya seperti yang terjadi pada saat KTSP.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengungkapkan Kurikulum 2013 didesain untuk melatih daya nalar peserta didik. Menurut Bapak Menteri, pergantian kurikulum merupakan tuntutan akan kebutuhan  peningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Lebih lanjut bapak Menteri menuturkan perubahan kurikulum merupakan hal yang genting dan penting. Nuh juga  menambahkan Kurikulum 2013 dipersiapkan  bukan hanya untuk mendidik SDM Indonesia saat ini tapi juga mempersiapkan SDM di  masa depan.

Pemerintah juga rencananya akan mengambil alih pembuatan silabus pada kurikulum baru nanti. Pasalnya, eksekusi KTSP di lapangan selama ini kedodoran karena kemampuan guru yang beragam dalam membuat silabus, pengawasan dan kontrol pendidikan dengan kurikulum yang berjalan saat ini juga sulit dilakukan mengingat masing-masing sekolah berwenang membuat silabus dan menjalankan proses pembelajaran sesuai dengan cara yang diketahuinya.

Tidak hanya itu, masalah yang cukup signifikan dan berdampak pada anak didik adalah banyak bermunculannya Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan konten tak sesuai. Hal ini disebabkan kemampuan guru dalam membuat soal latihan untuk murid kadang terbatas sehingga penggunaan LKS dijadikan pilihan.

Ya semoga saja next generation Sinyo dan Noni puti-abu.com akan menjadi individu-individu yang diharapkan oleh bangsa dan negara. Amin..

Sumber : 

Kasih komentar kamu donk disini !

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>